Persoalan Budaya menjadi titik tolak perhatian dari Orasi Ilmiah yang dipaparkan oleh 2 dosen Unika Widya Mandala Surabaya dalam acara pengukuhan Guru Besar dalam bidang masing-masing. Para dosen tersebut adalah Prof. Dr. Agustinus Ngadiman, M.Pd., yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Sosiolinguistik pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Beliau merupakan Guru Besar kelima yang berasal dari UKWMS. Sedangkan Prof. Dr. H.(Haji) Teman Koesmono, MM., dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Perilaku Keorganisasian pada Fakultas Ekonomi. Beliau adalah Guru Besar pertama yang berasal dari Fakultas Ekonomi. Beliau juga merupakan alumni FE UKWMS.

Dalam orasi ilmiah yang mengangkat topik “Retorika Lintas Budaya dan Implikasinya dalam Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia”, Prof. Dr. Agustinus Ngadiman, M.Pd. mengemukakan kajian-kajian ilmiah yang menunjukkan bahwa retorika budaya yang satu berbeda dari retorika budaya yang lain. Dalam penelitian ditemukan bahwa retorika budaya Arab dan Persia sangat diwarnai paralelisme yang berlebihan. Dalam retorika budaya Franco-Italian serta Spanyol terdapat penyimpangan-penyimpangan dengan kata-kata yang berbunga-bunga tetapi tidak menyentuh masalah intinya. Sedang dalam retorika budaya Asia masalah inti tidak terungkap secara langsung dan dilihat dari beberapa sisi. Pola pikir Asia bersifat melingkar atau “circulair”. Hal tersebut juga tertuang dalam retorika karya tulis. Retorika dan pola pikir budaya tersebut juga ditransfer dalam karya tulis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karya tulis dalam bahasa Inggris yang ditulis mahasiswa Asia cenderung tidak koherent, terjadi penyimpangan dari topik, tidak standard, dan seringnya muncul apologi (permintaan maaf atau permakluman). Mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi lintas budaya, maka menjadi sangat penting pemahaman lintas budaya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Setidaknya bila saatnya bahasa tersebut digunakan dalam komunikasi politik, ekonomi bisnis, dan kepentingan lain antar bangsa tidak mengakibatkan kesalahpahaman antar pelakunya.

Dalam konteks keorganisasian dan manajemen, Prof.Dr. H. Teman Koesmono, MM., menyorot budaya organisasi melalui orasi ilmiah dengan topik “Budaya Organisasi sebagai Perekat Sosial dalam Hubungan Industrial”. Dalam suatu organisasi, baik dunia industri, jasa, maupun organisasi produksi lainnya, tingkat produktivitas menjadi hal yang utama. Produktivitas dipengaruhi oleh kinerja yang didorong oleh tingkat kepuasan kerja. Melalui kajian-kajian penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja. Dari berbagai fenomena yang ada dalam hubungan industrial, Budaya Organisasi dapat mengurangi adanya konflik antar individu dalam menjalankan aktivitas perusahaan/organisasi. Dengan demikian juga menghindarkan adanya perilaku negatif yang menjurus anarkis dan tidak menguntungkan semua pihak. Melalui orasi ilmiahnya, Prof. Dr. H. Teman Koesmono, MM., menyarankan pentingnya penciptaan budaya organisasi sebagai perekat sosial dalam lingkungan kerja. Keterikatan sosial yang tercipta dengan budaya organisasi yang mampu memperkecil potensi masalah akan lebih efisien daripada memaksakan peraturan-peraturan yang kaku dan belum tentu memuaskan semua pihak.

Pada Rapat Terbuka Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, beliau berdua dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu masing-masing. Acara pengukuhan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal     : Sabtu, 20 Juni 2009
Waktu             : 09.00 – 12.00 wib
Tempat            : Auditorium UKWMS, Gedung B lt. 4, Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya

DATA SINGKAT

Prof. Dr. Agustinus Ngadiman, M.Pd

Tempat/tgl. Lahir        : Sleman, 27 Juli 1951
Jabatan                      : Guru Besar pada FKIP UKWMS
Bidang keahlian          : Ilmu Sosiolinguistik & Retorika
Riwayat Pendidikan   :

  • S1 IKIP Sanata Darma Yogyakarta (1979)
  • S2 IKIP Negeri Malang (1990)
  • S3 IKIP Negeri Malang (1998)

Prof. Dr. H. Teman Koesmono, MM

Tempat/tgl. Lahir        : Surabaya, 6 Januari 1953
Jabatan                      : Guru Besar pada FE UKWMS
Bidang keahlian          : Ilmu Ekonomi bidang Perilaku Organisasi
Riwayat Pendidikan   :

  • S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen UKWMS (1986)
  • S2 Universitas Ubaya (1994)
  • S3 Universitas Airlangga (2005)


Forgot password?