Mungkin banyak orang tidak menyadari bahwa pihak-pihak yang terlibat dengan anak-anak memiliki peran yang besar dalam membentuk dan mengembangkan karakter anak-anak. Ketika anak-anak mulai bersekolah atau berada di taman penitipan anak, peran guru dan/atau pengasuh mulai dirasakan oleh anak-anak.

Tugas mendidik dan mendampingi anak-anak oleh guru dan/atau pengasuh menjadi semakin nyata dengan adanya program kegiatan belajar yang diterapkan pada anak-anak. Suatu program kegiatan belajar yang baik haruslah sesuai dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan anak. Mengingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain, maka kurikulum yang menjadi dasar pengembangan kegiatan belajar anak usia dini haruslah menonjolkan aspek ”bermain”. Anak belajar melalui kegiatan bermain. Berhasil tidaknya guru atau pengasuh menjalankan program ini tergantung pada pemahaman dan ketrampilan guru dalam merencanakan dan menerapkan kurikulum ”bermain” tersebut.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Psikologi Unika Widya Mandala Surabaya bekerjasama dengan Malaspina University – College, Canada melalui kegiatan Seminar ”Kurikulum Bermain untuk Anak Usia Dini” membekali pihak-pihak yang bekerja dalam bidang pendidikan anak usia dini dengan pemahaman tentang kurikulum ”bermain” sekaligus kesempatan untuk menerapkan dan mengembangkan dalam praktek pendidikan anak.

Seminar yang telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 2 Juni 2007 di Auditorium UKWMS Kampus Kalijudan Jl. Kalijudan 37 Surabaya mengundang Linda McDonell seorang dosen dari Department of Early Childhood Education and Care, Malaspina University – College, Canada sebagai narasumber.

Pada tanggal 14 Juni 2007 akan diadakan Pameran Sumber Belajar yang menampilkan sumber-sumber belajar pendidikan anak usia dini, termasuk juga karya-karya terapan dari para peserta seminar.



Forgot password?